Latihan Soal UTS Aplikasi Komputer


 

Kerjakanlah semua soal berikut ini dengan teliti.

Sebuah penelitian ingin mengetahui pengaruh kecerdasan logis (X1) dan konsep diri (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebuah SMA Z di Jakarta Barat dengan data sampel seperti pada tabel berikut ini.

 

No.

X1

X2

Y

 

No.

X1

X2

Y

1

60+a

80+a

30+a

 

16

75+a

82+a

40+a

2

65+a

82+a

32+a

 

17

50+a

60+a

25+a

3

68+a

82+a

33+a

 

18

65+a

85+a

32+a

4

70+a

85+a

35+a

 

19

55+a

90+a

33+a

5

75+a

90+a

40+a

 

20

55+a

76+a

34+a

6

73+a

85+a

36+a

 

21

65+a

75+a

43+a

7

55+a

66+a

25+a

 

22

52+a

70+a

36+a

8

50+a

65+a

25+a

 

23

53+a

74+a

26+a

9

52+a

64+a

25+a

 

24

60+a

65+a

25+a

10

53+a

60+a

25+a

 

25

65+a

70+a

25+a

11

60+a

78+a

30+a

 

26

70+a

74+a

40+a

12

65+a

80+a

33+a

 

27

72+a

78+a

30+a

13

70+a

84+a

36+a

 

28

85+a

90+a

43+a

14

82+a

85+a

35+a

 

29

68+a

83+a

37+a

15

76+a

90+a

45+a

 

30

80+a

86+a

40+a

Catatan:

Nilai a diambil dari 1 digit terakhir NPM Anda. Contoh: 20207279012, maka nilai a = 2.

Pertanyaan:

a. Carilah output statistik deskriptifnya (mean, median, modus, standar deviasi, minimum, dan maksimum) beserta interpretasinya!

b. Carilah output uji persyaratan analisis datanya (uji normalitas data, uji multikolinearitas, dan uji linearitas regresi) beserta interpretasinya!

c. Jika asumsi uji persyaratan analisis data terpenuhi, tentukanlah:

1. Nilai korelasi ganda beserta interpretasinya!

2. Kontribusi regresi ganda beserta interpretasinya!

3. Uji hipotesis pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y pada taraf signifikansi 5%!

4. Uji hipotesis pengaruh X1  terhadap Y pada taraf signifikansi 5%!

5. Uji hipotesis pengaruh  X2 terhadap Y pada taraf signifikansi 5%!

 

JAWABAN


NILAI SETELAH DITAMBAH 7 (NPM TERAKHIR)



NO/     VARIABEL

X1

X2

Y

1

67

87

37

2

72

89

39

3

75

89

40

4

77

92

42

5

82

97

47

6

80

92

43

7

62

73

32

8

57

72

32

9

59

71

32

10

60

67

32

11

67

85

37

12

72

87

40

13

77

91

43

14

89

92

42

15

83

97

52

16

82

89

47

17

57

67

32

18

72

92

39

19

62

97

40

20

62

83

41

21

72

82

50

22

59

77

43

23

60

81

33

24

67

72

32

25

72

77

32

26

77

81

47

27

79

85

37

28

92

97

50

29

75

90

44

30

87

93

47

a. Output statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi, minimum, dan maksimum) beserta interpretasinya

 

Statistics

 

Kecerdasan Logis

Konsep Diri

Prestasi Belajar

N

Valid

30

30

30

Missing

0

0

0

Mean

71.80

84.80

40.13

Median

72.00

87.00

40.00

Mode

72

92a

32

Std. Deviation

9.984

9.193

6.208

Minimum

57

67

32

Maximum

92

97

52

a. Multiple modes exist. The smallest value is shown

Berdasarkan tabel Statistik tersebut, Kecerdasan Logis  memiliki rata-rata nilai 71,80,  Standar Deviasi untuk Kecerdasan Logis sebesar 9,984, Nilai Minimum Kecerdasan Logis sebesar 57, Maksimum Kecerdasan Logis sebesar 92, Kecerdasan Logis memiliki Median 72,00, Kecerdasan Logis memiliki Modus 72. Standar Deviasi memiliki nilai 9,984 lebih tinggi dari pada rata-rata 71,80 yang berarti memiliki variasi data yang tinggi.

Konsep diri memilikI rata-rata nilai 84,80, Standar Deviasi 9,193, Median 87,00, Modus 92 . Nilai Minimum 67 dan Nilai Maksimum 97. Standar Deviasi 91,193 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata 84,80 sehingga dapat diartikan bahwa Konsep Diri memiliki variasi data yang tinggi.

Prestasi Belajar memiliki rata-rata nilai 40,13, Satandar Deviasi  6,208, Nilai minimum  32, Nilai Maksimum  52, Median 40,00, Modus 32. Standar Deviasi memiliki nilai 6,208 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata 40,13. Hal ini berarti bahwa Prestasi Belajar memiliki variasi data yang tinggi.

 

b. Output uji persyaratan analisis datanya (uji normalitas data, uji multikolinearitas, dan uji linearitas regresi) beserta interpretasiny.

1. Uji Normalitas

Tests of Normality

 

Kolmogorov-Smirnova

Shapiro-Wilk

Statistic

df

Sig.

Statistic

df

Sig.

Kecerdasan Logis

.137

30

.158

.954

30

.219

Konsep Diri

.143

30

.121

.927

30

.040

Prestasi Belajar

.141

30

.130

.925

30

.037

a. Lilliefors Significance Correction

Berdasarkan tabel hasil tes normalitas dapat simpulkan bahwa: Kecerdasan logis memiliki signifikansi sebesar 0,158 lebih besar dari 0,05 sehingga memiliki pola distribusi nilai yang normal. Konsep Diri memiliki signifikansi sebesar 0,121 lebih besar dari 0,05 sehingga memiliki pola distribusi nilai yang normal. Prestasi Belajar memiliki signifikansi sebesar 0,130 lebih besar dari 0,05 sehingga pola ini memiliki distribusi nilai yang normal.

 

2. Uji Multikolinearitas

 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

Collinearity Statistics

B

Std. Error

Beta

Tolerance

VIF

1

(Constant)

-2.671

6.898

 

-.387

.702

 

 

Kecerdasan Logis

.255

.112

.411

2.283

.031

.442

2.261

Konsep Diri

.289

.121

.427

2.375

.025

.442

2.261

a. Dependent Variable: Prestasi Belajar

Berdasarkan Tabel Uji multikolinearitas dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Logis terhadap Prestasi Belajar memiliki nilai VIF sebesar 2,261 lebih kecil dari 10 sehingga tidak mengalami multikolinearitas. Demikian Juga Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar memiliki nilai VIF sebesar 2,261 lebih kecil dari 10 sehingga tidak mengalami multikolinearitas.


3. Uji Linieritas

ANOVA Table

 

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

Prestasi Belajar * Kecerdasan Logis

Between Groups

(Combined)

803.133

14

57.367

2.738

.031

Linearity

595.274

1

595.274

28.407

.000

Deviation from Linearity

207.859

13

15.989

.763

.685

Within Groups

314.333

15

20.956

 

 

Total

1117.467

29

 

 

 

Berdsarkan Tabel uji Linieritas dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Logis terhadap Prestasi Belajar memiliki linieritas sebesar 0,685 lebih besar dari 0,05 sehingga memiliki pola yang linier.

ANOVA Table

 

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

Prestasi Belajar * Konsep Diri

Between Groups

(Combined)

824.717

15

54.981

2.629

.039

Linearity

602.146

1

602.146

28.796

.000

Deviation from Linearity

222.571

14

15.898

.760

.692

Within Groups

292.750

14

20.911

 

 

Total

1117.467

29

 

 

 

Sedangkan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar memiliki linieritas sebesar 0,692 lebih besar dari 0,05 sehingga memiliki pola yang linier.

 

c. Asumsi uji persyaratan analisis data terpenuhi

Model Summaryb

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

1

.783a

.613

.585

4.000

a. Predictors: (Constant), Konsep Diri , Kecerdasan Logis

b. Dependent Variable: Prestasi Belajar

Nilai R=  0,783

Berarti hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 0, 783

Nilai R Square sebesar 0,613 menunjukkan bahwa besarnya kontribusi X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 0,613%.

 

ANOVAa

Model

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

1

Regression

685.523

2

342.762

21.425

.000b

Residual

431.943

27

15.998

 

 

Total

1117.467

29

 

 

 

a. Dependent Variable: Prestasi Belajar

b. Predictors: (Constant), Konsep Diri , Kecerdasan Logis

Terdapat pengaruh yang signifikan X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan F hitung = 21, 425

 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

Collinearity Statistics

B

Std. Error

Beta

Tolerance

VIF

1

(Constant)

-2.671

6.898

 

-.387

.702

 

 

Kecerdasan Logis

.255

.112

.411

2.283

.031

.442

2.261

Konsep Diri

.289

.121

.427

2.375

.025

.442

2.261

a. Dependent Variable: Prestasi Belajar

Terdapat pengaruh yang signifikan X1 terhadap Y hal ini dibuktikan dengan nilai sig  = 0,031 < 0,05  dan t hitung = 2,283.

Terdapat pengaruh yang signifikan X2 terhadap Y hal ini dibuktikan dengan nilai sig  = 0,025 < 0,05  dan t hitung = 2,375.

 

 Kesimpulan:

1. Nilai korelasi ganda beserta interpretasinya!

Nilai R=  0,783

Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 0, 783

 2. Kontribusi regresi ganda beserta interpretasinya!

Nilai R Square sebesar 0,613

Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 0,613%.

  3. Uji hipotesis pengaruh X1 dan X2  secara bersama-sama terhadap Y pada taraf signifikansi 5%!

Terdapat pengaruh yang signifikan X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. hal ini dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan F hitung = 21, 425

 4. Uji hipotesis pengaruh X1  terhadap Y pada taraf signifikansi 5%!

Terdapat pengaruh yang signifikan X1 terhadap Y hal ini dibuktikan dengan nilai sig  = 0,031 < 0,05  dan t hitung = 2,283.

 5. Uji hipotesis pengaruh  X2  terhadap Y pada taraf signifikansi 5%!

Terdapat pengaruh yang signifikan X2 terhadap Y hal ini dibuktikan dengan nilai sig  = 0,025 < 0,05  dan t hitung = 2,375.

Related

Evaluasi 5702514861973587481

Posting Komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item