Kurikulum Merdeka IHT SMA Negeri 2 Depok Jawa Barat
https://www.nurainipesat.my.id/2022/07/kurikulum-merdeka-iht-sma-negeri-2.html
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

IHT SMA N 2 Depok
![]() |
IHT SMA N 2 Depok |
Pilihan Kurikulum yang bisa diplih oleh sekolah:
1. Kurikulum -2013
2. Kurikulum Darurat yaitu kurikulum 2013 yang disederhakanan
3. Kurikulum Merdeka
2. Kurikulum Darurat yaitu kurikulum 2013 yang disederhakanan
3. Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka terdiri dari:
1.Mandiri Belajar
2. Mandiri Berubah
3. Mandiri berbagi
2. Mandiri Berubah
3. Mandiri berbagi
Dasar Kurikulum UU no 20 Tahun 2003 (Sistem Pendidikan Nasional)
8 Standar Nasional meliputi:
1. Standar SKL PP No 20 tahun 2016
2. Standar Isi PP No 21 tahun 2016
3. Standar Proses PP No 22 tahun 2016
4. Standar Penilaian PP No 23 tahun 2016
(Standar Konten Kurikulum) Tujuannya akhir nya adalah Literat, Karakter dan Kompetensi.
5. PTK
6. Sarana dan prasarana
7. Pembiayaan
8. Pengelolaan
2. Standar Isi PP No 21 tahun 2016
3. Standar Proses PP No 22 tahun 2016
4. Standar Penilaian PP No 23 tahun 2016
(Standar Konten Kurikulum) Tujuannya akhir nya adalah Literat, Karakter dan Kompetensi.
5. PTK
6. Sarana dan prasarana
7. Pembiayaan
8. Pengelolaan
Literasi meliputi:
- Baca tulis
- Numerasi
- Sains
- Digital
- Finansial
- Budaya Kewargaan
Karakter meliputi profil pelajar pancasila:
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
- Berkebinekaan Global
- bergotong royong
- mandiri
- bernalar kritis
- kreatif
Kompetensi meliputi:
- Critical Thinking
- Creativity
- Communication
- Collaboration
Mengapa literasi?
- Literasi adalah HAK
- Fondasi semua pembelajaran
- Literasi mengarahkan kemajuan semua tujuan pendidikan
- Solusi untuk meningkatkan SDM
Kelebihan Kurikulum Merdeka:
- Lebih sederhana dan mendalam
- Lebih Mredeka
- Lebih Relevan dan interaktif
Memahami Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar
Dokumen yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka meliputi Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar.
Jam Pelajaran 30% digunakan untuk projek profil pelajar pancasila
Dalam pembelajaran dikembangkan karakter yang bersumber profil pelajar pancasila.
Capaian Pembelajaran ditentukan oleh pemerintah, dalam kurikulum 2013 dikenal sebagai Kompetensi Dasar. Alur Tujuan Pembelajaran dikembangkan oleh satuan pendidikan. Dalam kurikulum 2013 dikenal sebagai silabus, sedangkan Modul Ajar dikembangkan oleh guru mapel, dalam kurikulum 2013 dikenal sebagai RPP. Jika dalam kurikulum 2013 terdapat KKM, dalam kurikulum merdeka tidak terdapat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). melainkan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
Tujuan dalam kurikulum merdeka:
Purpose yaitu tujuan yang masih secara global (Rasional, karakteristik, tujuan mapel)
AIMS yaitu tujuan yang belum dirinci (Capaian Pembelajaran)
dalam CP hanya terdapat materi dan kompetensi.
Goals (Tujuan Pembelajaran) dirumuskan dengan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. setara dengan level KD contoh: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, evaluasi dan mencipta. merupakan penjabaran dari CP. yang kemudian dibuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Objectives merupakan tujuan harian atau kriterian tujuan pembelajaran (Eviden/indikator/Kriteria)
Posting Komentar