Latihan Soal dan Tes Akhir Modul 10 Pembatik Level 3 Kreasi VideoPembelajaran
Latihan Soal Modul 10 Pembatik Level 3 Kreasi VideoPembelajaran
Latihan Soal
Pilihlah jawaban dari soal di bawah ini dengan tepat
1. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi GBPM dalam proses penulisan
naskah video pembelajaran adalah ....
A. acuan dalam membuat naskah video pembelajaran
B. memuat kompetensi dasar
C. memuat referensi yang digunakan
D. memuat tampilan dua kolom berupa video dan audio
2. Aplikasi proses produksi video pembelajaran daring dengan banyak templat dan
telah terintegrasi dengan akun pembelajaran (belajar.id) adalah ....
A. Powtoon
B. Canva
C. Zoom
D. Loom
E. Filmora
3. Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang enak
dilihat dan didengar disebut dengan....
A. Rendering
B. Editing
C. Mixing
D. Recording
E. Trimming
4. Naskah yang terdapat gambaran secara lengkap setiap adegan bahkan shot
(gambaran), misalnya bagaimana gerakan, di mana posisi objek, dan
melakukan apa, kemudian dimana posisi kamera bagaimana cara pengambilan
gambarnya, kemudian di mana lampu dan bagaimana suasana yang ingin
diciptakan disebut ....
A. GBPM
B. Jabaran Materi
C. Storyboard
D. Naskah video pembelajaran
E. Naskah yang sudah dikaji
5. Hasil akhir dari kegiatan pra produksi adalah ....
A. Kumpulan klip video dan suara yang siap diedit
B. Storyboard
C. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
E. GBIM
Tes Akhir Modul
Petunjuk: Setelah memahami materi pada modul ini, kerjakan soal berikut secara
cermat dan teliti!
1. Berikut ini manfaat dan keuntungan penggunaan video dalam pembelajaran,
kecuali ...
A. Dapat menggambarkan proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulang-
ulang
B. Mampu menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat peserta didik
C. Mampu mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap
melihatnya
D. Mampu menggantikan fungsi guru di kelas dalam proses pembelajaran
2. Penyampaian materi berikut yang tidak tepat ditampilkan dalam media video
pembelajaran, diantaranya ...
A. Merangkai dan menggunakan alat uji elektrolit
B. Proses meletusnya gunung berapi
C. Perkembangbiakan mamalia laut
D. Daur hidup kupu-kupu
3. Apabila kita akan menonjolkan penampakan seekor Iguana yang berada pada
rimbunnya dedaunan di tengah hutan, teknik pengambilan gambar yang paling
tepat adalah ...
A. Teknik zoom
B. Teknik extreme close up
C. Teknik out of focus
D. Mengatur proporsi iguana dan pepohonan secara berimbang
4. Diantara beberapa pernyataan berikut, pernyataan yang paling tepat diantaranya
adalah ...
A. GBIM berisi gambaran atau deskripsi tentang pesan atau informasi yang akan
disampaikan
B. Gagasan video pembelajaran bersumber pada kurikulum, karena didalamnya
terdapat tujuan pembelajaran yang akan dicapai
C. JM disusun sebagai penjabaran kompetensi dan indikator hasil belajar yang
akan dicapai
D. Penulisan GBIM dapat menggunakan format satu kolom, dua kolom, maupun
wide margin
5. Dalam penyusunan naskah soal fiksi/drama, format paling tepat yang digunakan
adalah ...
A. Satu kolom
B. Dua kolom
C. Wide margin
D. Kombinasi antara wide margin dengan dua kolom
6. Berikut yang bukan tahapan produksi video pembelajaran diantaranya
A. Pembentukan tim
B. Pengambilan gambar dan suara
C. Manajemen produksi yang efektif dan efisien
D. Menginventarisir berbagai masalah pembelajaran
7. Berikut yang bukan merupakan komponen GBIM adalah ... .
A. Tempat/lokasi
B. Referensi
C. Tujuan/indikator
D. Materi dan sub materi pokok
8. Aplikasi video conference berikut lazim digunakan untuk membuat video
pembelajaran, kecuali ...
A. Zoom meeting
B. Call group
C. Webex meeting
D. Google meet
9. Pada tahapan pasca produksi, hal yang tidak dilakukan pada tahap ini diantaranya ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Distribusi
10. Kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah
sesuai dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Editing
Posting Komentar