Latihan Soal Pembatik Level 1 Modul 1 Tahun 2023

Latihan Soal Pembatik Level 1 Modul 1 Tahun 2023



Latihan

Berikut ini adalah soal-soal latihan pada Kegiatan Belajar 1 Modul 01 “Ekosistem

Digital Merdeka Belajar”. Soal latihan ini disusun sebagai latihan mandiri dan tidak

termasuk dalam penilaian PembaTIK level 1 tahun 2023. Selamat mengerjakan

dengan baik ya, Peserta Pembatik 2023! Tetap semangat!


1. Education 4.0 hadir sebagai implikasi yg tak terhindarkan di era revolusi industri

4.0 dimana peran dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) beserta

pemanfaatan segala ragam perangkat digitalnya telah berkembang pada

tingkatan dimana perpaduan antara otomasi dan data menjadi “currency” (mata

uang) baru yang memegang peranan penting di segala aspek kehidupan. Yang

menjadi pembeda utama era revolusi industri 4.0 dari era-era industri

sebelumnya adalah ....

a. konektivitas manusia dengan mesin melahirkan kecerdasan buatan (Artificial

Intelligence/AI)

b. menggambarkan fase ke-5 dari kemasyarakatan dalam sejarah

perkembangan peradaban manusia mulai dari fase yang pertama

c. membawa dampak yang signifikan pada banyak aspek kehidupan

masyarakat, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan

d. aspek yg lebih ditekankan adalah pada faktor manusia-nya sebagai pusat


2. Pernyataan yang paling benar dan sesuai tentang aspek-aspek yang mendasari

konsep Education 4.0 dan Society 5.0 adalah ....

a. Pada era Education 4.0, aspek penekanannya lebih kepada faktor

teknologinya sedangkan di era Society 5.0, aspek manusia sebagai pusat

atau subjek yang mampu secara kritis dan bijak menyikapi berbagai macam

perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek humanisme

b. Baik pada era Education 4.0 maupun Society 5.0 berbagai macam

perubahan teknologi yang pesat memunculkan aspek negatif yang membuat

manusia tidak mampu memilah nilai-nilai yang baik dari yang buruk

c. Pemanfaatan Artificial Intelligence harus dihentikan secara total karena dapat

mengancam aspek peradaban kemanusiaan

d. Peningkatan kemampuan berteknologi tidak perlu mencakup aspek

berkomunikasi dan berkolaborasi karena teknologi saja sudah dapat

menggantikan manusia melakukan fungsi komunikasi dan kolaborasi


3. Episode Merdeka Belajar yang ke 24 adalah ....

a. Kampus Merdeka

b. Praktisi Mengajar

c. Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan


4. Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, mengoptimalkan hasil

belajar siswa, serta mengurangi dampak-dampak negatif pandemi COVID-19

bagi pendidikan di Indonesia. Proses telaah dan analisis kurikulum inilah yang

menghasilkan kurikulum prototipa yang kemudian secara resmi ditetapkan

dengan nama Kurikulum Merdeka. Kebijakan yang mengatur tentang Pedoman

Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum

Merdeka) adalah ...

a. Permendikbudristek No.5 Tahun 2022

b. Permendikbudristek No.7 Tahun 2022

c. Permendikbudristek No.262/M/2022

d. Permendikbudristek No.56/M/2022


5. Salah satu keunggulan kurikulum merdeka adalah “Lebih Merdeka”. Artinya

adalah ....

a. fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada

fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan

menyenangkan

b. pembelajaran melalui kegiatan projek (project-based learning) memberikan

kesempatan lebih luas kepada siswa untuk secara aktif mengeksplorasi isu-

isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung

pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila yang

relevan dengan kehidupan sehari- hari siswanya.

c. merdeka bagi Siswa memiliki arti yaitu Tidak ada program peminatan di SMA,

siswa memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

d. kurikulum Merdeka dipandang sebagai langkah yang inovatif dalam usaha

merevitalisasi sistem pendidikan


6. Berikut pernyataan yang benar terkait Contekstual Teaching Learning (CTL)

kecuali...

a. menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat

menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi

kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya

dalam kehidupan mereka sendiri

b. menekankan pada pemecahan masalah dan mendorong siswa untuk belajar

dari satu sama lain dan bersama-sama

c. mengajarkan siswa untuk memonitor dan mengarahkan pembelajaran

mereka sendiri sehingga mereka menjadi pembelajar yang mandiri

d. selalu Menggunakan Teknologi dan kecerdasan buatan dalam pembelajaran


7. Berikut adalah contoh metode yang dapat dilakukan oleh guru dalam

memberikan pengajaran yang inovatif (innovative teaching) dalam membangun

kreativitas, kecuali:

a. Melakukan brainstorming dengan menggunakan teknologi digital

b. Belajar di luar kelas tanpa guru harus memonitor dan mengevaluasi hasil

belajar

c. Membuat roleplay dan menggunakan permainan dengan animasi

d. Melakukan Story telling dengan alat bantu audio dan video


8. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang benar terkait dengan Pedagogi

Diital Kritis (Critical Digital Pedagogy), kecuali:

a. Pembelajaran dalam Pedagogi Digital Kritis (Critical Digital Pedagogy) tetap

menempatkan siswa sebagai pusat simpul pembelajaran (student-centered

learning), kolaborasi pembelajaran (collaborative learning), membangun

kemandirian, menumbuhkan belajar sepanjang hayat serta

mengintegrasikan dengan kehidupan masyarakat sebagai learning

experiential.

b. Implementasi dari pedagogi digital kritis di era Education 4.0 dan Society 5.0

ini membutuhkan lingkungan dan ekosistem pendidikan yang terbuka dan

berjejaring, kontekstual dan inovatif serta membangun karakter dan

kepribadian yang baik, luhur, dan unggul.

c. Dalam pedagogi digital kritis ini tidak perlu dilakukan analisis terkait kondisi

dan kebutuhan siswa di lingkungan belajarnya karena guru memegang

kontrol utama pembelajaran dan semua siswa tanpa kecuali harus dapat

menyesuaikan.

d. Dalam pembelajaran yang mengacu pada pedagogi digital kritis, beragam

perangkat apat digunakan, antara lain: social media, learning management

system, web-based tools, machine learning, dan smartphone.


9. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yg benar terkait esensi Merdeka

Belajar kecuali:

a. Merdeka belajar tidak hanya memberikan kemerdekaan berpikir terhadap

potensi-potensi yang ada dari setiap individu namun juga memberikan

kemerdekaan kepada institusi pendidikan yang menjadi prasyarat untuk

berinovasi.

b. Dalam konsep Merdeka Belajar juga memuat suatu upaya perubahan

mindset dari teacher sentris menjadi collaboration sentris.

c. Merdeka Belajar adalah tentang kebebasan atau otonomi atau kemandirian

dalam menentukan pilihan dan keputusan yang sesuai dengan situasi,

kondisi, dan kebutuhan yang beragam sehingga hasil yang dicapai dapat

lebih optimal dan tepat sasaran.

d. Merdeka Belajar lebih diterjemahkan sebagai “Independent Learning” karena

lebih menitikberatkan pada aspek kemandirian saja.


10. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang sesuai dan benar mengenai

program Merdeka Belajar pada episode V, kecuali:

a. Episode ke-V Merdeka Belajar diluncurkan oleh Kemdikbudristek pada

tanggal 3 Juli 2020.

b. Arah program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi, berpusat pada

murid dan pengembangan holistik, on-the-job coaching, pendekatan formatif

dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif.

c. Terdapat tiga modul pelatihan: Paket Pertama adalah Motivasi Guru

Penggerak. Paket Kedua adalah Model-model dan layanan untuk Good

Practice Guru Penggerak. Paket Ketiga adalah Kepemimpinan Kepala

Sekolah.

d. Melalui visi Merdeka Belajar, Guru Penggerak diharapkan dapat mencetak

sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan

yang mampu menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan

berkarakter Pancasila, mampu mendorong transformasi pendidikan

Indonesia.


Kunci Jawaban

1. A

2. B

3. D

4. C

5. C

6. D

7. B

8. C

9. D

10. C


Latihan

Berikut ini adalah soal-soal latihan pada Kegiatan Belajar 2 Modul 01 “Ekosistem

Digital Merdeka Belajar”. Soal latihan ini disusun sebagai latihan mandiri dan tidak

termasuk dalam penilaian PembaTIK level 1 tahun 2022. Selamat mengerjakan

dengan baik ya, Sahabat! Tetap semangat!

1. Pada awal peluncuran akun akses layanan pendidikan sasaran pengguna

adalah sebagai berikut, kecuali;

a. Guru dan siswa PAUD

b. Guru dan siswa SD/SMP

c. Guru dan siswa SMA/SMK

d. Tenaga Administrasi sekolah/TU


2. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi

sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan

penetapan rapor pendidikan disebut

a. Rapor pendidikan

b. Platform rapor pendidikan

c. Profil pendidikan

d. Hasil Asesmen Nasional


3. Akun elektronik yang memuat nama akun (User ID) dan akses masuk akun

(Password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset

dan Teknologi dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik dan tenaga

kependidikan adalah ....

a. Akun pribadi

b. Akun Sekolah

c. Akun Guru

d. Akun pembelajaran


4. Akun pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user

ID) dengan domain ....

a. belajar.com

b. belajar.id

c. belajar.go.id

d. belajar.go.com


5. Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui :

a. Aplikasi Android saja

b. Aplikasi platform Merdeka Mengajar di Google Playstore dan Web browser :

https://PMM.kemdikbud.go.id/

c. Aplikasi platform Merdeka Mengajar di Google Playstore dan Web browser :

https://guru.kemdikbud.go.id/

d. Web browser : https://guru.kemdikbud.go.id


6. Apa tiga fungsi utama platform Merdeka Mengajar?

a. Mengajar, Bekerja, Berkarya.

b. Belajar, Mengajar, Berdampak.

c. Mengajar, Belajar, Berkarya.

d. Mengajar, Bertumbuh, Berkarya.


7. Berikut ini adalah Fitur Platform Merdeka Mengajar yang tidak dapat dilakukan

dalam produk Pelatihan Mandiri adalah....

a. Belajar Materi

b. Unggah Bukti Karya Saya

c. Mengerjakan Post Test

d. Praktik Aksi Nyata


8. Pada hasil rapor satuan pendidikan capaian tertinggi yang diperoleh adalah....

a. Cakap

b. Dasar

c. Mahir

d. Perlu Intervensi Khusus

Kunci Jawaban


1. A

2. C

3. D

4. B

5. C

6. C

7. B

8. D


Tes Akhir Modul

Pilihlah jawaban yang paling tepat pada soal-soal pilihan ganda berikut ini!

1. Society 5.0 yang menekankan human centered atau berpusat pada manusia

dalam implementasi basis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang.

Kapan pertama kali konsep society 5.0 diperkenalkan pada ....

a. tahun 2018 oleh Fushida Takahano pada pertemuan dua tahunan Forum

ASEAN Council of Teachers (ACT) di Tokyo-Jepang

b. tahun 2019 oleh Shinzo Abe pada pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia

di Davos Swiss

c. tahun 2017 oleh Jiseon Yoo pada pertemuan lima tahunan Forum The United

Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di Abu

Dhabi

d. tahun 2020 oleh Jinmyeong Chung pada pertemuan tahunan Forum Korean

Education and Research Information Service (KERIS) di Korea


2. Yang merupakan tiga elemen penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi

kemerdekaan belajar di era Education 4.0 dan Society 5.0 adalah:

a. Pembelajaran yang mandiri, kontekstual, dan inovatif dalam membanguh

kreativitas.

b. Pembelajaran mandiri yang konvensional, kontraproduktif, dan berstruktur.

c. Pembelajaran yang terpusat pada guru serta mengacu pada aturan dan

mekanisme yang mengikat.

d. Pembelajaran yang mengutamakan peningkatan kecerdasan dengan model

drilling, reward, dan punishment; evaluasi yang konvensional dan kontrol belajar

yang terus menerus di ruang kelas.


3. Dalam pembelajaran mandiri, guru lebih memposisikan diri sebagai moderator dan

fasilitator dalam proses pembelajaran yang dapat membangun tiga aspek

kemampuan siswa, salah satunya adalah Metacognitive skills artinya ....

a. mampu membuat hipotesis masalah, mengklasifikasi objek berdasarkan

kriteria, mengkonstruksi cara berfikir untuk menyelesaikan masalah secara

logis, dan lain-lain

b. mampu mendeskripsikan dan mengidentifikasi cara mereka belajar, seperti

mendengar, mengingat, mengecek kebenaran pengetahuan, menulis, dan lain-

lain.

c. keterampilan mengelola perasaan. Dalam hal ini, motivasi adalah atribut

keterampilan afektif yang paling penting dalam pembelajaran independen.

d. memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan “self monitoring”

(pengawasan mandiri).


4. Terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah opsi-opsi yang

diberikan kepada sekolah sesuai dengan kesiapan masing-masing, kecuali:

a. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum 2013 bila belum merasa

nyaman melakukan perubahan.

b. Sekolah diperbolehkan menggunakan Darurat, yaitu kurikulum 2013 yang

disederhanakan jika merasa masih diperlukan penyesuaian/masa transisi ke

kurikulum Merdeka.

c. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum Merdeka jika sudah siap.

d. Sekolah diwajibkan mengimplementasikan kurikulum Merdeka tanpa harus

mempertimbangkan situasi atau kondisi tertentu siswanya.


5. Episode Merdeka Belajar yang ke XV adalah ....

a. Rapor Pendidikan Indonesia

b. Kurikulum Merdeka dan PMM

c. Guru Penggerak

d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan


6. Di bawah ini adalah kebijakan-kebijakan penting yang diluncurkan pada Episode

ke-XV Merdeka Belajar, kecuali....

a. Kurikulum Merdeka menjadi salah satu program Kemendikbudristek untuk

mengatasi ketertinggalan dan hilangnya pembelajaran (learning loss) di

Indonesia

b. Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai akselerasi mutu pembelajaran dan

peningkatan kualitas guru dan pendukung bagi guru dalam menerapkan

kurikulum merdeka.

c. Kurikulum Merdeka memfokuskan siswa pada pembelajaran dengan

pemanfaatan teknologi yang mengharuskan setiap siswa memakai perangkat

teknologi terkini yang kompleks dan advanced untuk hasil belajar yang maksimal

d. Implementasi Kurikulum Merdeka telah diperkuat landasan hukumnya dengan

dikeluarkannya Kepmendikbudristek No.56 tahun 2022 tentang Kurikulum

Merdeka yang dirancang lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan

lebih relevan serta interaktif


7. Tujuan dari diluncurkan platform Merdeka Mengajar yaitu....

a. untuk menambah beban kerja Guru

b. menambah angka kredit Guru

c. menjadi teman penggerak Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

d. hanya menjadi tempat mengungah hasil karya


8. Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh Produk Perangkat Ajar pada Platform

Merdeka Mengajar dalam mengelola Folder adalah....

a. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder, memindahkan

folder menjadi sub-folder

b. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder

c. membuat folder baru dan menghapus folder

d. membuat folder baru, menghapus folder, mengelompokkan folder ke dalam

kategori-kategori yang sama


9. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi

sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan

penetapan rapor pendidikan disebut....

a. rapor pendidikan

b. platform rapor pendidikan

c. profil pendidikan

d. hasil Asesmen Nasional


10. Kumpulan referensi materi yang terstruktur berupa video, animasi, web dan

permainan terdapat pada fitur....

a. Kelas Maya

b. Bank Soal

c. Sumber Belajar

d. Peta Budaya

Kunci Jawaban

1. B

2. A

3. B

4. D

5. B

6. C

7. C

8. A

9. C

10. C


Referensi:

https://sites.google.com/pusdatin.belajar.id/pembatik2023level1/modul-1?authuser=0

Related

Materi 3796904919252668569

Posting Komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item