Latihan Soal Pembatik Level 1 Modul 1 Tahun 2023
Latihan Soal Pembatik Level 1 Modul 1 Tahun 2023
Latihan
Berikut ini adalah soal-soal latihan pada Kegiatan Belajar 1 Modul 01 “Ekosistem
Digital Merdeka Belajar”. Soal latihan ini disusun sebagai latihan mandiri dan tidak
termasuk dalam penilaian PembaTIK level 1 tahun 2023. Selamat mengerjakan
dengan baik ya, Peserta Pembatik 2023! Tetap semangat!
1. Education 4.0 hadir sebagai implikasi yg tak terhindarkan di era revolusi industri
4.0 dimana peran dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) beserta
pemanfaatan segala ragam perangkat digitalnya telah berkembang pada
tingkatan dimana perpaduan antara otomasi dan data menjadi “currency” (mata
uang) baru yang memegang peranan penting di segala aspek kehidupan. Yang
menjadi pembeda utama era revolusi industri 4.0 dari era-era industri
sebelumnya adalah ....
a. konektivitas manusia dengan mesin melahirkan kecerdasan buatan (Artificial
Intelligence/AI)
b. menggambarkan fase ke-5 dari kemasyarakatan dalam sejarah
perkembangan peradaban manusia mulai dari fase yang pertama
c. membawa dampak yang signifikan pada banyak aspek kehidupan
masyarakat, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
d. aspek yg lebih ditekankan adalah pada faktor manusia-nya sebagai pusat
2. Pernyataan yang paling benar dan sesuai tentang aspek-aspek yang mendasari
konsep Education 4.0 dan Society 5.0 adalah ....
a. Pada era Education 4.0, aspek penekanannya lebih kepada faktor
teknologinya sedangkan di era Society 5.0, aspek manusia sebagai pusat
atau subjek yang mampu secara kritis dan bijak menyikapi berbagai macam
perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek humanisme
b. Baik pada era Education 4.0 maupun Society 5.0 berbagai macam
perubahan teknologi yang pesat memunculkan aspek negatif yang membuat
manusia tidak mampu memilah nilai-nilai yang baik dari yang buruk
c. Pemanfaatan Artificial Intelligence harus dihentikan secara total karena dapat
mengancam aspek peradaban kemanusiaan
d. Peningkatan kemampuan berteknologi tidak perlu mencakup aspek
berkomunikasi dan berkolaborasi karena teknologi saja sudah dapat
menggantikan manusia melakukan fungsi komunikasi dan kolaborasi
3. Episode Merdeka Belajar yang ke 24 adalah ....
a. Kampus Merdeka
b. Praktisi Mengajar
c. Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan
4. Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, mengoptimalkan hasil
belajar siswa, serta mengurangi dampak-dampak negatif pandemi COVID-19
bagi pendidikan di Indonesia. Proses telaah dan analisis kurikulum inilah yang
menghasilkan kurikulum prototipa yang kemudian secara resmi ditetapkan
dengan nama Kurikulum Merdeka. Kebijakan yang mengatur tentang Pedoman
Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum
Merdeka) adalah ...
a. Permendikbudristek No.5 Tahun 2022
b. Permendikbudristek No.7 Tahun 2022
c. Permendikbudristek No.262/M/2022
d. Permendikbudristek No.56/M/2022
5. Salah satu keunggulan kurikulum merdeka adalah “Lebih Merdeka”. Artinya
adalah ....
a. fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada
fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan
menyenangkan
b. pembelajaran melalui kegiatan projek (project-based learning) memberikan
kesempatan lebih luas kepada siswa untuk secara aktif mengeksplorasi isu-
isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung
pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila yang
relevan dengan kehidupan sehari- hari siswanya.
c. merdeka bagi Siswa memiliki arti yaitu Tidak ada program peminatan di SMA,
siswa memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.
d. kurikulum Merdeka dipandang sebagai langkah yang inovatif dalam usaha
merevitalisasi sistem pendidikan
6. Berikut pernyataan yang benar terkait Contekstual Teaching Learning (CTL)
kecuali...
a. menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat
menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi
kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya
dalam kehidupan mereka sendiri
b. menekankan pada pemecahan masalah dan mendorong siswa untuk belajar
dari satu sama lain dan bersama-sama
c. mengajarkan siswa untuk memonitor dan mengarahkan pembelajaran
mereka sendiri sehingga mereka menjadi pembelajar yang mandiri
d. selalu Menggunakan Teknologi dan kecerdasan buatan dalam pembelajaran
7. Berikut adalah contoh metode yang dapat dilakukan oleh guru dalam
memberikan pengajaran yang inovatif (innovative teaching) dalam membangun
kreativitas, kecuali:
a. Melakukan brainstorming dengan menggunakan teknologi digital
b. Belajar di luar kelas tanpa guru harus memonitor dan mengevaluasi hasil
belajar
c. Membuat roleplay dan menggunakan permainan dengan animasi
d. Melakukan Story telling dengan alat bantu audio dan video
8. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang benar terkait dengan Pedagogi
Diital Kritis (Critical Digital Pedagogy), kecuali:
a. Pembelajaran dalam Pedagogi Digital Kritis (Critical Digital Pedagogy) tetap
menempatkan siswa sebagai pusat simpul pembelajaran (student-centered
learning), kolaborasi pembelajaran (collaborative learning), membangun
kemandirian, menumbuhkan belajar sepanjang hayat serta
mengintegrasikan dengan kehidupan masyarakat sebagai learning
experiential.
b. Implementasi dari pedagogi digital kritis di era Education 4.0 dan Society 5.0
ini membutuhkan lingkungan dan ekosistem pendidikan yang terbuka dan
berjejaring, kontekstual dan inovatif serta membangun karakter dan
kepribadian yang baik, luhur, dan unggul.
c. Dalam pedagogi digital kritis ini tidak perlu dilakukan analisis terkait kondisi
dan kebutuhan siswa di lingkungan belajarnya karena guru memegang
kontrol utama pembelajaran dan semua siswa tanpa kecuali harus dapat
menyesuaikan.
d. Dalam pembelajaran yang mengacu pada pedagogi digital kritis, beragam
perangkat apat digunakan, antara lain: social media, learning management
system, web-based tools, machine learning, dan smartphone.
9. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yg benar terkait esensi Merdeka
Belajar kecuali:
a. Merdeka belajar tidak hanya memberikan kemerdekaan berpikir terhadap
potensi-potensi yang ada dari setiap individu namun juga memberikan
kemerdekaan kepada institusi pendidikan yang menjadi prasyarat untuk
berinovasi.
b. Dalam konsep Merdeka Belajar juga memuat suatu upaya perubahan
mindset dari teacher sentris menjadi collaboration sentris.
c. Merdeka Belajar adalah tentang kebebasan atau otonomi atau kemandirian
dalam menentukan pilihan dan keputusan yang sesuai dengan situasi,
kondisi, dan kebutuhan yang beragam sehingga hasil yang dicapai dapat
lebih optimal dan tepat sasaran.
d. Merdeka Belajar lebih diterjemahkan sebagai “Independent Learning” karena
lebih menitikberatkan pada aspek kemandirian saja.
10. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang sesuai dan benar mengenai
program Merdeka Belajar pada episode V, kecuali:
a. Episode ke-V Merdeka Belajar diluncurkan oleh Kemdikbudristek pada
tanggal 3 Juli 2020.
b. Arah program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi, berpusat pada
murid dan pengembangan holistik, on-the-job coaching, pendekatan formatif
dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif.
c. Terdapat tiga modul pelatihan: Paket Pertama adalah Motivasi Guru
Penggerak. Paket Kedua adalah Model-model dan layanan untuk Good
Practice Guru Penggerak. Paket Ketiga adalah Kepemimpinan Kepala
Sekolah.
d. Melalui visi Merdeka Belajar, Guru Penggerak diharapkan dapat mencetak
sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan
yang mampu menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan
berkarakter Pancasila, mampu mendorong transformasi pendidikan
Indonesia.
Kunci Jawaban
1. A
2. B
3. D
4. C
5. C
6. D
7. B
8. C
9. D
10. C
Latihan
Berikut ini adalah soal-soal latihan pada Kegiatan Belajar 2 Modul 01 “Ekosistem
Digital Merdeka Belajar”. Soal latihan ini disusun sebagai latihan mandiri dan tidak
termasuk dalam penilaian PembaTIK level 1 tahun 2022. Selamat mengerjakan
dengan baik ya, Sahabat! Tetap semangat!
1. Pada awal peluncuran akun akses layanan pendidikan sasaran pengguna
adalah sebagai berikut, kecuali;
a. Guru dan siswa PAUD
b. Guru dan siswa SD/SMP
c. Guru dan siswa SMA/SMK
d. Tenaga Administrasi sekolah/TU
2. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi
sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan
penetapan rapor pendidikan disebut
a. Rapor pendidikan
b. Platform rapor pendidikan
c. Profil pendidikan
d. Hasil Asesmen Nasional
3. Akun elektronik yang memuat nama akun (User ID) dan akses masuk akun
(Password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset
dan Teknologi dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik dan tenaga
kependidikan adalah ....
a. Akun pribadi
b. Akun Sekolah
c. Akun Guru
d. Akun pembelajaran
4. Akun pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user
ID) dengan domain ....
a. belajar.com
b. belajar.id
c. belajar.go.id
d. belajar.go.com
5. Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui :
a. Aplikasi Android saja
b. Aplikasi platform Merdeka Mengajar di Google Playstore dan Web browser :
https://PMM.kemdikbud.go.id/
c. Aplikasi platform Merdeka Mengajar di Google Playstore dan Web browser :
https://guru.kemdikbud.go.id/
d. Web browser : https://guru.kemdikbud.go.id
6. Apa tiga fungsi utama platform Merdeka Mengajar?
a. Mengajar, Bekerja, Berkarya.
b. Belajar, Mengajar, Berdampak.
c. Mengajar, Belajar, Berkarya.
d. Mengajar, Bertumbuh, Berkarya.
7. Berikut ini adalah Fitur Platform Merdeka Mengajar yang tidak dapat dilakukan
dalam produk Pelatihan Mandiri adalah....
a. Belajar Materi
b. Unggah Bukti Karya Saya
c. Mengerjakan Post Test
d. Praktik Aksi Nyata
8. Pada hasil rapor satuan pendidikan capaian tertinggi yang diperoleh adalah....
a. Cakap
b. Dasar
c. Mahir
d. Perlu Intervensi Khusus
Kunci Jawaban
1. A
2. C
3. D
4. B
5. C
6. C
7. B
8. D
Tes Akhir Modul
Pilihlah jawaban yang paling tepat pada soal-soal pilihan ganda berikut ini!
1. Society 5.0 yang menekankan human centered atau berpusat pada manusia
dalam implementasi basis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang.
Kapan pertama kali konsep society 5.0 diperkenalkan pada ....
a. tahun 2018 oleh Fushida Takahano pada pertemuan dua tahunan Forum
ASEAN Council of Teachers (ACT) di Tokyo-Jepang
b. tahun 2019 oleh Shinzo Abe pada pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia
di Davos Swiss
c. tahun 2017 oleh Jiseon Yoo pada pertemuan lima tahunan Forum The United
Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di Abu
Dhabi
d. tahun 2020 oleh Jinmyeong Chung pada pertemuan tahunan Forum Korean
Education and Research Information Service (KERIS) di Korea
2. Yang merupakan tiga elemen penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi
kemerdekaan belajar di era Education 4.0 dan Society 5.0 adalah:
a. Pembelajaran yang mandiri, kontekstual, dan inovatif dalam membanguh
kreativitas.
b. Pembelajaran mandiri yang konvensional, kontraproduktif, dan berstruktur.
c. Pembelajaran yang terpusat pada guru serta mengacu pada aturan dan
mekanisme yang mengikat.
d. Pembelajaran yang mengutamakan peningkatan kecerdasan dengan model
drilling, reward, dan punishment; evaluasi yang konvensional dan kontrol belajar
yang terus menerus di ruang kelas.
3. Dalam pembelajaran mandiri, guru lebih memposisikan diri sebagai moderator dan
fasilitator dalam proses pembelajaran yang dapat membangun tiga aspek
kemampuan siswa, salah satunya adalah Metacognitive skills artinya ....
a. mampu membuat hipotesis masalah, mengklasifikasi objek berdasarkan
kriteria, mengkonstruksi cara berfikir untuk menyelesaikan masalah secara
logis, dan lain-lain
b. mampu mendeskripsikan dan mengidentifikasi cara mereka belajar, seperti
mendengar, mengingat, mengecek kebenaran pengetahuan, menulis, dan lain-
lain.
c. keterampilan mengelola perasaan. Dalam hal ini, motivasi adalah atribut
keterampilan afektif yang paling penting dalam pembelajaran independen.
d. memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan “self monitoring”
(pengawasan mandiri).
4. Terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah opsi-opsi yang
diberikan kepada sekolah sesuai dengan kesiapan masing-masing, kecuali:
a. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum 2013 bila belum merasa
nyaman melakukan perubahan.
b. Sekolah diperbolehkan menggunakan Darurat, yaitu kurikulum 2013 yang
disederhanakan jika merasa masih diperlukan penyesuaian/masa transisi ke
kurikulum Merdeka.
c. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum Merdeka jika sudah siap.
d. Sekolah diwajibkan mengimplementasikan kurikulum Merdeka tanpa harus
mempertimbangkan situasi atau kondisi tertentu siswanya.
5. Episode Merdeka Belajar yang ke XV adalah ....
a. Rapor Pendidikan Indonesia
b. Kurikulum Merdeka dan PMM
c. Guru Penggerak
d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan
6. Di bawah ini adalah kebijakan-kebijakan penting yang diluncurkan pada Episode
ke-XV Merdeka Belajar, kecuali....
a. Kurikulum Merdeka menjadi salah satu program Kemendikbudristek untuk
mengatasi ketertinggalan dan hilangnya pembelajaran (learning loss) di
Indonesia
b. Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai akselerasi mutu pembelajaran dan
peningkatan kualitas guru dan pendukung bagi guru dalam menerapkan
kurikulum merdeka.
c. Kurikulum Merdeka memfokuskan siswa pada pembelajaran dengan
pemanfaatan teknologi yang mengharuskan setiap siswa memakai perangkat
teknologi terkini yang kompleks dan advanced untuk hasil belajar yang maksimal
d. Implementasi Kurikulum Merdeka telah diperkuat landasan hukumnya dengan
dikeluarkannya Kepmendikbudristek No.56 tahun 2022 tentang Kurikulum
Merdeka yang dirancang lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan
lebih relevan serta interaktif
7. Tujuan dari diluncurkan platform Merdeka Mengajar yaitu....
a. untuk menambah beban kerja Guru
b. menambah angka kredit Guru
c. menjadi teman penggerak Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
d. hanya menjadi tempat mengungah hasil karya
8. Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh Produk Perangkat Ajar pada Platform
Merdeka Mengajar dalam mengelola Folder adalah....
a. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder, memindahkan
folder menjadi sub-folder
b. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder
c. membuat folder baru dan menghapus folder
d. membuat folder baru, menghapus folder, mengelompokkan folder ke dalam
kategori-kategori yang sama
9. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi
sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan
penetapan rapor pendidikan disebut....
a. rapor pendidikan
b. platform rapor pendidikan
c. profil pendidikan
d. hasil Asesmen Nasional
10. Kumpulan referensi materi yang terstruktur berupa video, animasi, web dan
permainan terdapat pada fitur....
a. Kelas Maya
b. Bank Soal
c. Sumber Belajar
d. Peta Budaya
Kunci Jawaban
1. B
2. A
3. B
4. D
5. B
6. C
7. C
8. A
9. C
10. C
Referensi:
https://sites.google.com/pusdatin.belajar.id/pembatik2023level1/modul-1?authuser=0
Posting Komentar