Latihan Soal Modul 5 Pembatik level 2 Optimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Abad 21

Tes Akhir Modul Optimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Abad 21



Petunjuk: Bacalah setiap soal dengan seksama, kemudian pilih jawaban dari opsi

yang tersedia dan menurut Bapak/Ibu guru paling benar. Tulis jawaban di kertas atau

tempat lain, kemudian bandingkan hasilnya dengan kunci jawaban di lembar

berikutnya. 


1. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital

adalah...

a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual

dan relevan

b. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program

pelatihan

c. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan

penggunaannya

d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK

di sekolah

e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai

sekolah penggerak atau sekolah contoh


2. Guru menggunakan fasilitas kelas digital Google Classroom dan Google Form

untuk memberikan pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang

membutuhkan, di luar jam mengajarnya.

Contoh di atas adalah penerapan pembelajaran digital sesuai fungsi ....

a. personalisasi

b. akselerasi

c. subtitusi

d. suplemen

e. komplemen


3. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari

materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang

ditautkan di LMS tersebut.

Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ....

a. TK (technological knowledge)

b. PK (pedagogical knowledge)

c. TPK (technological and pedagogical knowledge)

d. TCK (technological and content knowledge)

e. PCK (pedagogical and content knowledge)


4. Pada masa pandemi, banyak peserta didik yang merasakan kurangnya interaksi

belajar dengan teman sebaya. Salah satu aktivitas pembelajaran digital yang

dapat dirancang guru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik adalah ....

a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan

oleh tim melalui aplikasi vicon

b. memberikan tugas observasi lingkungan rumah individu dan

didokumentasikan (foto dan video)

c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan

memberikan hadiah kepada pemenang

d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup

komunikasi peserta didik

e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit

mengakses internet


5. Pembelajaran digital pun dapat dilakukan di kelas konvensional, tidak selalu jarak

jauh. Contoh penerapan pembelajaran digital secara klasikal yang tepat adalah

sebagai berikut, kecuali ....

a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas

b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas

c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas

d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas

e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas


6. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai

pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah

....

a. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

b. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai

penerima bantuan TIK

c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum

digital

e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat


7. Guru harus terampil menggunakan teknologi digital sehingga dapat

memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih

efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam

mengelola pembelajaran, kecuali ....

a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor


8. Evaluasi pembelajaran digital tidak hanya dilakukan di akhir proses belajar, tapi

perlu dilakukan sepanjang proses persiapan hingga implementasinya. Salah satu

tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan peserta didik dalam

penyusunan kegiatan belajar. Evaluasi ini termasuk dalam jenis evaluasi ....

a. program

b. eksternal

c. diagnostik

d. formatif

e. sumatif


9. Evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur capaian pengetahuan hasil belajar

dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Google Form akan membantu

meningkatkan efektivitas proses dalam hal ....

a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)

b. daya tarik belajar bagi peserta didik

c. pencarian sumber belajar digital

d. memudahkan mengecek keikutsertaan

e. peningkatan mutu pendidikan


10. Salah satu bentuk kolaborasi yang berkelanjutan (sustainable) antar pemangku

kepentingan (stakeholders) di daerah supaya implementasi pembelajaran digital

terjadi secara optimal dan relevan/kontekstual sesuai dengan potensi lokal adalah

....

a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK

yang paling terbaru

b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh

sekolah tanpa terkecuali

c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah

memiliki aliran listrik

d. mengembangkan beragam bahan belajar digital secara terpusat lalu

didistribusikan ke seluruh sekolah

e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program

pelatihan berkelanjutan


Kunci Jawaban

1. A

2. E

3. D

4. A

5. C

6. C

7. B

8. C

9. A

10. E

Related

Evaluasi 1227482665015270540

Posting Komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item