Latihan Soal Modul 5 Pembatik level 2 Optimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Abad 21
Tes Akhir Modul Optimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Abad 21
yang tersedia dan menurut Bapak/Ibu guru paling benar. Tulis jawaban di kertas atau
tempat lain, kemudian bandingkan hasilnya dengan kunci jawaban di lembar
berikutnya.
1. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital
adalah...
a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual
dan relevan
b. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program
pelatihan
c. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan
penggunaannya
d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK
di sekolah
e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai
sekolah penggerak atau sekolah contoh
2. Guru menggunakan fasilitas kelas digital Google Classroom dan Google Form
untuk memberikan pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang
membutuhkan, di luar jam mengajarnya.
Contoh di atas adalah penerapan pembelajaran digital sesuai fungsi ....
a. personalisasi
b. akselerasi
c. subtitusi
d. suplemen
e. komplemen
3. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari
materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang
ditautkan di LMS tersebut.
Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ....
a. TK (technological knowledge)
b. PK (pedagogical knowledge)
c. TPK (technological and pedagogical knowledge)
d. TCK (technological and content knowledge)
e. PCK (pedagogical and content knowledge)
4. Pada masa pandemi, banyak peserta didik yang merasakan kurangnya interaksi
belajar dengan teman sebaya. Salah satu aktivitas pembelajaran digital yang
dapat dirancang guru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik adalah ....
a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan
oleh tim melalui aplikasi vicon
b. memberikan tugas observasi lingkungan rumah individu dan
didokumentasikan (foto dan video)
c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan
memberikan hadiah kepada pemenang
d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup
komunikasi peserta didik
e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit
mengakses internet
5. Pembelajaran digital pun dapat dilakukan di kelas konvensional, tidak selalu jarak
jauh. Contoh penerapan pembelajaran digital secara klasikal yang tepat adalah
sebagai berikut, kecuali ....
a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas
b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas
c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas
d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas
e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas
6. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai
pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah
....
a. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak
b. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai
penerima bantuan TIK
c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya
d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum
digital
e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat
7. Guru harus terampil menggunakan teknologi digital sehingga dapat
memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih
efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam
mengelola pembelajaran, kecuali ....
a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar
d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
8. Evaluasi pembelajaran digital tidak hanya dilakukan di akhir proses belajar, tapi
perlu dilakukan sepanjang proses persiapan hingga implementasinya. Salah satu
tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan peserta didik dalam
penyusunan kegiatan belajar. Evaluasi ini termasuk dalam jenis evaluasi ....
a. program
b. eksternal
c. diagnostik
d. formatif
e. sumatif
9. Evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur capaian pengetahuan hasil belajar
dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Google Form akan membantu
meningkatkan efektivitas proses dalam hal ....
a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)
b. daya tarik belajar bagi peserta didik
c. pencarian sumber belajar digital
d. memudahkan mengecek keikutsertaan
e. peningkatan mutu pendidikan
10. Salah satu bentuk kolaborasi yang berkelanjutan (sustainable) antar pemangku
kepentingan (stakeholders) di daerah supaya implementasi pembelajaran digital
terjadi secara optimal dan relevan/kontekstual sesuai dengan potensi lokal adalah
....
a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK
yang paling terbaru
b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh
sekolah tanpa terkecuali
c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah
memiliki aliran listrik
d. mengembangkan beragam bahan belajar digital secara terpusat lalu
didistribusikan ke seluruh sekolah
e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program
pelatihan berkelanjutan
Kunci Jawaban
1. A
2. E
3. D
4. A
5. C
6. C
7. B
8. C
9. A
10. E



Posting Komentar