Latihan Soal Modul 7 pembatik Level 2 tahun 2023

Pengelolaan kelas Terintegrasi TIK dalam pembelajaran

 A. Kerjakan soal di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar!

1. Pengertian belajar menurut Prof. Oemar Hamalik adalah ...

a. mengembangkan kemampuan kreativitas, sosial, emosional

b. proses menyampaikan pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik

c. menerima instruksi dari seseorang yang lebih berpengalaman

d. usaha untuk mencapai nilai tinggi dan prestasi dari tugas dan ujian

e. perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi individu dan lingkungan


2. Lingkungan belajar mengandung arti ...

a. hal yang dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku peserta didik

b. segala hal di sekitar peserta didik yang dapat mempengaruhi tingkah laku

c. lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

d. semua yang ada di sekeliling individu yang dapat menimbulkan interaksi

e. lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi


3. Bagaimana dampak penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan

lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya?

a. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

b. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

c. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

d. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

e. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi


4. Model pembelajaran blended terdiri dari 3 komponen utama yaitu ...

a. Pembelajaran luring, pembelajaran campuran, pembelajaran inovatif

b. Pembelajaran luring, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran kreatif

c. Pembelajaran daring, pembelajaran tatap muka, pembelajaran mandiri

d. Pembelajaran daring, pembelajaran luring, pembelajaran campuran

e. Pembelajaran daring, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran aktif


5. Pada suatu waktu, seorang narasumber memberikan materi kepada para

pendengar. Ada dua kelompok pendengar, yaitu yang hadir langsung di depan

pembicara dan yang mendengarkan melalui Youtube Live Streaming. Di sesi

diskusi, narasumber memberikan kesempatan baik kepada hadirin yang hadir

maupun penonton daring di kanal untuk menyampaikan pertanyaan mereka.

Contoh tersebut merupakan penerapan model pembelajaran ...

a. Daring

b. Luring

c. Blended

d. Hybrid

e. Mix


6. Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar daring adalah....

a. News, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

b. Permainan, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

c. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi,

Laporan

d. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi,

Chatting

e. User Friendly Interface, Pendaftaran Daring, Kelas Daring, Kuis dan Ujian

Daring, Ruang Chatting


7. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ....

a. Mempermudah pendidik untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil

belajar peserta didik dengan waktu yang lebih singkat

b. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran daring dapat

diakses di mana saja dan kapan saja

c. Mendorong peserta didik bersantai-santai dalam belajar, dan tidak terbebani

d. Mempermudah guru dalam mengelola tugas, umpan balik, dan mengawasi

kemajuan peserta didik dalam proses belajar

e. Mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara mandiri


8. Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali...

a. Zoom Meeting

b. Google Classroom

c. Kelas Maya

d. Microsoft Teams

e. Schoology


9. Apa saja fitur yang disediakan oleh Google Classroom?

a. Alat analisis data untuk mengevaluasi kemajuan peserta didik

b. Kemampuan untuk mengelola keuangan sekolah

c. Fasilitas pemesanan ruang kelas dan peralatan pembelajaran

d. Sarana untuk menjalankan simulasi laboratorium virtual

 e. Pengaturan tugas, materi, pengumuman danorum diskusi


10. Berikut ini adalah cara mengakses LMS yang kurang tepat yaitu ...

a. Kelas Maya : https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

b. Microsoft Teams : https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-teams/log-in

c. Google Classroom : https://classroom.google.com/

d. Schoology : https://app.schoology.com/login

e. Moodle : https://moodle.org/


B. Kerjakan soal di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar!

1. Beberapa kemampuan di bawah ini diperlukan untuk menghadapi kebutuhan di

abad ke 21, kecuali ....

a. Kemampuan TIK

b. Kemampuan berpikir kritis

c. Kemampuan numerasi

d. Kemampuan berkomunikasi

e. Kemampuan kolaborasi


2. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika akan

melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran ....

a. Teknologi terkini, perencanaan pembelajaran, dan minat peserta didik

b. Karakter peserta didik, tujuan pembelajaran, dan lingkungan belajar

c. Keaktifan peserta didik, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah

d. Kondisi sekolah, kemampuan pendidik, dan kelengkapan fasilitas

e. Lingkungan belajar, kemampuan pendidik, dan teknologi terbarukan


3. Metode pembelajaran yang memiliki karakteristik dimana peserta didik diminta

untuk mengalami suatu peristiwa yang sedang dipelajarinya, merupakan

metode pembelajaran ....

a. Simulation based learning

b. Case/problem based learning

c. Product based learning

d. Resources based learning

e. Colaborative based learning


4. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut

Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui

beberapa tahapan, seperti ....

a. Pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

b. Penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

c. Perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

d. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

e. Perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran


5. Dalam pembelajaran terdiferensiasi, ada beberapa aspek dari peserta didik

yang perlu diperhatikan yaitu ....

a. Kreativitas, bakat, dan lingkungan belajar

b. Kemampuan, hobi, dan ekonomi

c. Keluarga, lingkungan, dan masyarakat

d. Asal, ekonomi, dan keterampilan

e. Kesiapan, minat, dan profil belajar


6. Aspek pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan hasil akhir dari

pembelajaran untuk menunjukkan kemampuan peserta didik merupakan aspek

....

a. Konten

b. Proses

c. Produk

d. Lingkungan belajar

e. Dampak belajar


7. Metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapan

area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas, adalah ....

a. Flipped learning

b. Blended learning

c. Project based

d. Station rotation

e. Problem based


8. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu

dari komponen utama refleksi yaitu ....

a. Whole heartedness

b. Open mindedness

c. Responsibility

d. Problem solving

e. Consistency


9. Pendidik yang konsisten menjalankan refleksi akan mendapatkan berbagai

dampak positif, berikut ini yang bukan merupakan dampak baik refleksi

adalah....

a. Memahami maksud dari apa yang telah dipelajari

b. Dapat mengerti apa yang dilakukan

c. Paham apa yang harus dilakukan selanjutnya

d. Mengetahui budaya belajar yang ada di kelas

e. Dapat meluluskan kemampuan peserta didik


10. Berikut ini pernyataan yang paling tepat terkait best practice, adalah ....

a. Pendekatan yang didasarkan pada perencanaan terbaik

b. Pendekatan paling efisien dan efektif dalam menyelesaikan suatu tugas

c. Praktik pembelajaran tidak perlu melibatkan asesmen pembelajaran

d. Praktik baik selalu melibatkan penggunaan teknologi yang canggih

e. Praktik baik dicapai menggunakan metode pembelajaran hybrid


C. Tes Akhir Modul

1. Pendapat dari Slameto tentang lingkungan belajar yaitu ...

a. prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi lingkungan keluarga,

lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat

b. segala yang ada di sekeliling individu yang memiliki pengaruh tertentu

c. merupakan sesuatu yang ada di luar individu, walaupun ada juga yang

mengatakan bahwa ada lingkungan yang terdapat dalam individu

d. semua yang ada di lingkungan peserta didik yang dapat memberikan pengaruh

kepada tingkah laku individu

e. suatu pemicu perubahan tingkah laku pada individu melalui interaksi dengan

lingkungannya


2. Salah satu kelemahan dari pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu ...

a. Peserta didik dapat mengakses sumber belajar melimpah dari internet

b. Pembimbingan dapat dilangsungkan dengan baik kepada tiap peserta didik

c. Mudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas peserta didik dalam belajar

d. Keberhasilan sulit dicapai jika fasilitas kuota dan perangkat tidak tersedia

e. Kemandirian dan interaksi peserta didik dapat terdorong lebih baik


3. Metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan

pembelajaran secara daring dikenal dengan istilah ...

a. hybrid learning 

b. blended learning 

c. simulation learning

d. case based learning

e. flipped learning


4. Fitur pada LMS yang menyediakan chart atau hasil yang dapat memudahkan

pendidik melacak perkembangan peserta didiknya adalah fitur ....

a. antarmuka 

b. ruang diskusi 

c. ujian daring

d. laporan

e. konferensi video


5. Salah satu LMS yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran adalah...

a. Moodle 

b. Microsoft Teams 

c. Schoology

d. Kelas Maya

e. Google Classroom


6. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengintegrasian TIK dalam

pembelajaran, adalah ....

a. Mencapai tujuan pembelajaran dengan efisien

b. Membangun keterampilan TIK peserta didik

c. Melatih kemampuan komunikasi peserta didik

d. Mengajak peserta didik berkolaborasi aktif

e. Mencapai prestasi belajar yang terbaik


7. Salah satu metode pembelajaran yang disarankan untuk membangun keterampilan

abad 21 melalui pemberian berbagai ragam dan jenis bahan belajar yang relevan

untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah metode ...

a. Resources based learning

b. Colaborative based learning

c. Simulation based learning

d. Project based learning

e. Problem based learning


8. Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses,

yang bukan merupakan karakteristik pelaksanaan pembelajaran dalam

implementasi kurikulum merdeka adalah ...

a. Pembelajaran interaktif

b. Pembelajaran kolaboratif

c. Pembelajaran inspiratif

d. Pembelajaran menyenangkan

e. Pembelajaran menantang


9. Pelaksanaan pembelajaran dimana membedakan kegiatan peserta didik dalam

aktivitas mereka, merupakan pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan

aspek ....

a. Konten

b. Produk

c. Proses

d. Lingkungan

e. Kemampuan


10. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meninjau kembali

dengan lebih rinci pembelajaran yang sudah dilakukan, adalah pengertian dari ....

a. Asesmen

b. Evaluasi

c. Refleksi

d. Praktik Baik

e. Pengembangan

Related

Kegiatan 3822141126330919279

Posting Komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item