Latihan Soal Modul 8 Pembatik Tahun 2023 Dasar-dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berteknologi digital
https://www.nurainipesat.my.id/2023/08/latihan-soal-modul-8-tahun-2023-dasar.html
Peserta PembaTIK 2023 telah menuntaskan seluruh materi dalam dua kegiatan
belajar pada topik ini. Nah, sekarang waktunya untuk mengukur pengetahuan hasil
belajar dengan mengerjakan tes berikut ini. Pilihlah jawaban yang dianggap paling
benar dengan memilih satu jawaban dari pilihan jawaban yang tersedia!
Soal
1. Berikut ini adalah ciri-ciri media pembelajaran digital menurut Arsyad, kecuali ....
a. dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear
b. digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang
c. pembelajaran berorientasi siswa, melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi
dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber
d. gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa
dan relevan
e. prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan
media pembelajaran
2. Metode ACTION merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk
pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang baik. Jika seorang guru
ingin menggunakan sebuah media namun ternyata kesulitan karena biayanya
yang cukup mahal, pertimbangan yang digunakan disebut dengan ....
a. Access
b. Technology
c. Interactivity
d. Cost
e. Novelty
3. Perhatikan gambar berikut!
Video : Bukti Karya - (kemdikbud.go.id)
Gambar di atas merupakan salah satu contoh media pembelajaran video dalam
a. animasi tradisional
b. animasi 2D
c. animasi 3D
d. stop motion
e. motion graphic
4. Podcast adalah siaran berupa rekaman suara, rekaman asli video, dan juga
merupakan rekaman siaran televisi atau program radio dari host yang membahas
topik tertentu. Alamat podcast dari Pusdatin Kemendikbudristek adalah ....
a. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbud
b. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatinkemdikbud
c. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbudristek
d. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbud
e. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbudristek
5. Menurut Foreman, beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game
edukasi adalah ....
a. active learning, motivation, action
b. individualization, novelty, social
c. scaffolding, action, feedback active
d. technology, interactivity, transfer
e. motivation, scaffolding, assessment
6. Berikut yang tidak termasuk dari 4 alasan penting pemanfaatan media
pembelajaran, yaitu ....
a. meningkatkan mutu pembelajaran
b. tuntutan paradigma baru
c. tuntutan dunia teknologi
d. memenuhi kebutuhan pasar
e. visi pendidikan global
7. Gambar berikut menunjukkan pemanfaatan media pembelajaran digital yaitu ....
a. augmented reality
b. virtual reality
c. game edukasi
d. video pembelajaran
e. podcast
8. Memanfaatkan media pembelajaran perlu mempertimbangkan faktor-faktor
berikut, kecuali ....
a. fasilitas sekolah
b. materi pembelajaran
c. karakteristik peserta didik
d. gaya belajar peserta didik
e. tujuan dan visi–misi sekolah
9. Memanfaatkan media pembelajaran digital perlu memperhatikan hak cipta atas
konten milik orang lain yang akan digunakan, dengan cara ....
a. membuat konten sendiri
b. mencantumkan sumbernya
c. mencantumkan konten asli
d. merubah konten sebagian
e. merubah konten seluruhnya
10.Berikut adalah alasan penggunaan konten pembelajaran berlisensi Creative
Commons (CC), yaitu ....
a. konten premium
b. konten khusus
c. konten personal
d. konten terbuka
e. konten komersial
Posting Komentar