Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional




Calon Guru Penggerak   : Nuráini, S.Pd     
Pendamping                     : Ana Widayati, M.Pd     
Fasilitator                          : Dr. Cep Unang Wardaya, M.Si       


Mengetahui tidak cukup, kita harus menerapkan. Kemauan saja tidak cukup, kita harus melakukan

(Bruce Lee)

Menyusun teknik-teknik yang akan digunakan untuk mengembangkan kompetensi sosial-emosional berbasis kesadaran penuh pada mata pelajaran yang Anda ampu.

Langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Tentukan kompetensi sosial - emosional berbasis kesadaran penuh yang akan Anda kembangkan dalam mata pelajaran yang Anda ampu
  • Tentukan teknik  pembelajaran yang menurut Anda dapat mengembangkan kompetensi sosial-emosional yang Anda pilih pada no1. dan  sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang  Anda ampu. Anda dapat melihat kembali  hasil ruang kolaborasi 
  • Tuliskan detil dari teknik pembelajaran yang Anda pilih sesuai dengan tabel pemetaan dalam Ruang Kolaborasi. Sertakan lampiran/tautan yang diperlukan (topik diskusi,  artikel, skenario, kasus, dll. )
  • Siapkan perangkat untuk mendokumentasikan kinerja murid pada saat teknik pembelajaran dilakukan. (Lembar refleksi diri, lembar observasi, daftar-periksa, dll)
  • Masukkan teknik pembelajaran tersebut dalam RPP mata pelajaran yang Anda ampu.

Kompetensi Sosial -emosional berbasis kesadaran penuh 

RUTIN

Tehnik : Kerjasama
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru :
Mengajak siswa untuk selalu menjunjung tinggi kebersamaan melalui sikap baik, seperti misalnya dalam diskusi

Penjelasan tentang apa yang dikatakan oleh guru :
Meminta siswa untuk selalu saling  bekerjasama, menghargai satu sama lain 

Tujuan :
Membangun sikap positif  dalam diri siswa.

TERINTEGRASI DENGAN MATA PELAJARAN

Tehnik : Diskusi
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru :
Membiasakan siswa untuk selalu bermusyawarah 
Penjelasan tentang apa yang dikatakan oleh guru :
Mengajak siswa untuk bersikap aktif dan mengedepankan musyawarah 
Tujuan :
Membiasakan siswa untuk mengeluarkan pendapat dan saling menghargai

PROTOKOL

Tehnik : Kesepakatan Kelas
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru :
Mengajak siswa untuk membangun budaya positif melalui kesepakatan kelas

Penjelasan tentang apa yang dikatakan oleh guru :
Membiasakan siswa untuk selalu mengembangkan sikap empati sebagai salah satu budaya positif melalui kesepakatan kelas

Tujuan
Mengembangkan rasa empati sebagai salah satu kesadaran sosial  pada diri siswa melalui kesepakatan kelas.

Teknik pembelajaran dengan melakukan kerjasama, diskusi dan kesepakatan kelas pada pembelajaran Materi APBN dan APBD yang bertujuan: Peserta didik dapat mengidentifikasi, menjelaskan, menentukan dan menganalisis serta menyajikan hasil analisis fungsi dan peran APBN dalam pembangunan ekonomi melalui pengamatan, tanya jawab, kajian pustaka, serta dapat berfikir kritis, berkreatifitas, mengkomunkasikan dan mengkolaborasi mamahami ide dengan sikap teliti, tanggung jawab, mandiri, jujur dan disiplin serta bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menginformasikan Link untuk bergabung dalam pembelajaran menggunakan aplikasi google meet melalui Google classroom dan Whats App. http://gg.gg/Room-Belajar-Ekonomi
  • Menyampaikan salam, mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin berdoa ,absensi dan memberikan motivasi.
  • Membuat kesepakatan kelas dalam proses belajar.
  • Apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan mengenai materi yang sudah dipelajari, sebelum kemudian melanjutkan materi yang akan dipelajari.
  • Melakukan pemetaan murid berdasarkan kesiapan belajar (readiness).
  • Berdasarkan pemetaan tersebut, murid dikelompokkan secara diferensiasi, agar siswa yang memiliki kemampuan lebih bisa menjadi tutor sebaya bagi siswa yang lain.

Kegiatan Inti

  • Guru memberikan stimulus berupa tayangan video terkait dengan materi APBN dan APBD.   https://youtu.be/8rhz_AR3mcE atau http://gg.gg/Materi-APBN-dan-APBD
  • Guru memberi kesempatan kepada murid untuk mengidentifikasi sebanyaak mungkin masalah yang relevan dengan materi APBN danAPBD, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
  • Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan dengan berbagai sumber untuk membuktikan benar/tidaknya hipotesis.
  • Guru melakukan bimbingan pada saat murid melakukan pengolahan data.
  • Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk menemukan suatu konsep, teori atau pemahaman (verifikasi) melalui contoh dalam kehidupannya dihubungkan dengan hasil pengolahan data.
  • Membuat kesimpulan berdasarkan hasil verifikasi.

Kegiatan Akhir



Related

newsticker 8215114461337108132

Posting Komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item