Modul 2.3 Koneksi Antar Materi Coaching

Pendidikan Program Guru Penggerak


Calon Guru Penggerak    : Nuráini, S.Pd
Pendamping                    : Ana Widayati, M.Pd
Fasilitator                        : Dr. Cep Unang Wardaya, M.Si

Modul 1.1 Filosofi Pendidikan

Guru dan murid berkolaborasi untuk menginisiasi/menciptakan kedalaman (rasa takdjub dan kasmaran) spiritual, intelektual dan sosial untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia ” Siswa dan guru merdeka belajar yang berkolaborasi bersama menggali dan mengembangkan potensi siswa dan mengakomodasi karakteristik masing-masing untuk mewujudkan student wellbeing (Ngakan Putu Suarjana (Pengawas) – Dinas Pendidkan Karangasem, Bali (catatan: kata wellbeing dalam bahasa KHD – Selamat dan Bahagia; di Program Gubernur Jawa Barat, Jabar Masagi disebut BAGDJA). 

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan: 1. Menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk belajar untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi. 2. Kurikulum yang memilikitujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. 3. Penilaian berkelanjutan. (proses penilaian formatif yang telah dilakukan), 4. Refleski guru (bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya. Bagaimana ia akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlumenggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda. 5. Pengelolaan kelas yang efektif.

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional


Ruang Lingkup Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional 

  • Kegiatan rutin: kegiatan yang dilakukan di luar waktu belajar akademik sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing (Mis. ekskul, perayaan hari besar, kegiatan sekolah, apel pagi, kerja bakti, senam bersama, kunjungan perpustakaan yang dijadwalkan, membaca bersama, seminar/pelatihan) 
  • Terintegrasi dalam pembelajaran: sebagai strategi pembelajaran atau diintegrasikan dalam kurikulum. 
  • Protokol: budaya atau aturan sekolah yang sudah menjadi kesepakatan bersama dan diterapkan secara mandiri oleh murid atau sebagai kebijakan sekolah untuk merespon situasi atau kejadian tertentu. Misalnya, menjaga ketenangan di ruang perpustakan, berdoa di mushola sekolah dengan khidmat, dll.

Modul 2.3 Coaching

Coaching dalam Konteks pendidikan.

“Coaching adalah sebuah percakapan, dialog saat seorang coach dan seseorang berinteraksi dalam sebuah komunikasi yang dinamis untuk mencapai tujuan, meningkatkan kinerja dan ‘menuntun’ sesorang mencapai keberhasilannya” Zeus and Skiffington "Coaching is a conversation, a dialogue, whereby the coach and the individual interact in a dynamic exchange to achieve goals, enhance performance and move the individual forward to greater success." 

Coaching menjadi salah satu proses ‘menuntun’ belajar murid untuk mencapai kekuatan kodratnya,  Sebagai seorang ‘pamong’. Guru dapat memberikan ‘tuntunan’ melalui pertanyaan-pertanyaan reflektif dan efektif agar kekuatan kodrat anak terpancar dari dirinya.  

Pentingnya proses coaching: 

Proses untuk mengaktivasi kerja otak murid. 
Pertanyaan-pertanyaan reflektif dapat membuat murid melakukan metakognisi. 
Pertanyaan-pertanyaan dalam proses coaching juga membuat murid lebih berpikir secara kritis dan mendalam sehingga murid dapat menunjukkan potensinya.

Ketrampilan Coaching meliputi: 
Keterampilan membangun hubungan baik (kemitraan) 
Keterampilan berkomunikasi 
Keterampilan memfasilitasi pembelajaran

Coaching MODEL TIRTA 
Pengembangan dari GROW model 
TIRTA berarti air (Sansekerta) 
Murid diibaratkan air 
Tugas guru: memastikan air mengalir tanpa sumbatan 
Coaching: alat untuk menyingkirkan sumbatan




RENCANA AKSI NYATA









Related

newsticker 3998397231889226747

Posting Komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item