MODUL 2.2.a.5.1 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIAONAL
PENGELOLAAN DIRI (Self Management)
RUTIN
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru :
Meminta murid untuk lebih bersungguh-sungguh dalam berdoa
Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid :
Marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing yang muslim bisa diawali dengan Al Fatihah, yang non muslim menyesuaikan, dan silakan sisipkan doa khusus kalian untuk hari ini
Tujuan :
Mengajak murid untuk berdoa , dan menyelipkan permintaan khusus pada doa tersebut sehingga berdoa menjadi lebih bermakna dan bisa mengendalikan emosi
TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru :
Mengajak murid untuk bermain peran sesuai KD yang sedang dipelajari
Penjelasan tentang apa yang dikatakan guru kepada murid :
Marilah kita mencoba bermain peran, silakan perankan masing-masing karakter yang diberikan, tunjukkan pengelolaan diri kalian dalam karakter tersebut
Mengajarkan murid mengenai pengelolaan diri terutama emosi
PROTOKOL (BUDAYA/TATA TERTIB)
Tehnik : diskusi
Membuat kesepakatan kelas
Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid :
Untuk menjaga ketertiban di dalam kelas, kita akan membuat kesepakatan untuk saling menghargai
Tujuan :
Dengan kesepakatan kelas ini setiap siswa akan saling menghargai
KESADARAN DIRI (Self Awareness)

RUTIN
Tehnik : KerjasamaPenjelasan tentang apa yang dikatakan oleh guru :
Meminta siswa untuk selalu saling bekerjasama, menghargai satu sama lain
Membangun sikap positif dalam diri siswa.
TERINTEGRASI DENGAN MATA PELAJARAN
PROTOKOL
Penjelasan tentang apa yang dikatakan oleh guru :
Membiasakan siswa untuk selalu mengembangkan sikap empati sebagai salah satu budaya positif melalui kesepakatan kelas
Tujuan
Mengembangkan rasa empati sebagai salah satu kesadaran sosial pada diri siswa melalui kesepakatan kelas.
Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi
Saat kita berada dalam kondisi yang menekan, entah karena tuntutan yang terlalu besar atau terlalu banyak, tidak jarang kita merasa stress. Stres dalam istilah psikologi menurut Laura King, dalam bukunya “The Science of Psychology”, adalah respons individu terhadap kejadian atau keadaan yang mengancam.
Take a deep Breath/ Tarik nafas dalam.
Observe/ Amati. Amati apa yang Anda rasakan pada tubuh Anda? Amati perut yang mengembang sebelum membuang napas. Amati perut yang mengempes saat Anda membuang napas. Amati pilihan-pilihan yang dapat Anda lakukan.
Proceed/ Lanjutkan. Latihan selesai. Silahkan lanjutkan kembali aktivitas Anda dengan perasaan yang lebih tenang, pikiran yang lebih jernih, dan sikap yang lebih positif.
Kesadaran penuh (mindfulness) memiliki korelasi yang tinggi terhadap kesadaran diri sebagai kompetensi pembelajaran sosial dan emosional. Kembali kepada pengenalan emosi, terdapat enam emosi dasar pada kita manusia. Enam emosi tersebut yaitu takut, jijik, marah, kaget, bahagia, dan sedih. Emosi-emosi ini muncul akibat reaksi fisik, aktivitas pikiran dan pengaruh budaya.
Jadi saat mempraktikkan kesadaran penuh, kita dapat mulai merasakan dan mengenali dengan jelas emosinya saat itu. Maka dia pun mulai dapat memberikan nama terhadap emosinya.
Contoh: Saya merasa ... (marah, sedih, kecewa).
Gambar 2. Roda Emosi
Di sini adalah gambar roda emosi yang disusun oleh Robert Plutchik, seorang
psikolog dan terapis. Gambar roda emosi ini dapat membantu dalam
mengenali emosi yang muncul. Gambar ini bisa membantu guru dalam
membantu murid mengenali emosinya.
Pemahaman mengenali emosi seperti ini dapat membantu baik guru
maupun murid untuk dapat merespon terhadap kondisinya sendiri secara
lebih tepat. Itu sebabnya penting untuk menerapkan latihan berkesadaran
penuh (mindfulness) sambil mengembangkan kompetensi kesadaran diri
(self awareness).
Dengan latihan mengenali emosi dalam kesadaran penuh sebelum
merespon, kita dapat meningkatkan kemampuan kita merespon secara
lebih baik. Hal ini bukan hanya berdampak pada wellbeing diri kita, tetapi
dapat membantu kita menjadi role-model bagi anak dan murid-murid di
sekolah.
Salam Guru Penggerak
"Guru Bergerak Indonesia Maju"




Posting Komentar