Pembatik Level 2 Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran 1


Pembelajaran dalam bimtek PembaTIK level 2 menekankan pada implementasi atau penerapan dari pengetahuan TIK yang sudah dimiliki. Tujuan umum pembelajaran level 2 melalui modul ini adalah meningkatkan wawasan mengenai pemanfaatan TIK dalam pembelajaran abad 21. 

Sedangkan tujuan khususnya adalah:
  1. Menganalisis konsep TIK pembelajaran
  2. Menganalisis konsep pemanfaatan TIK pembelajaran
  3. Menelaah pendekatan TPACK dalam pemanfaatan TIK
  4. Menelaah ruang lingkup TIK pembelajaran
  5. Menganalisis fungsi pemanfaatan TIK pembelajaran
  6. Melakukan analisis kebutuhan TIK dalam pembelajaran
  7. Menyiapkan lingkungan pembelajaran berbasis TIK
  8. Membuat perencanaan pembelajaran berbantuan TIK
  9. Memproyeksikan contoh praktek penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan produk layanan Pusdati

Berikut adalah diagram alur materi modul 5 yang akan Sahabat pelajari:

Pada level pemanfaatan (implementasi), tidak hanya kemampuan internal guru sebagai pengguna TIK yang berpengaruh, melainkan ada pula faktor-faktor eksternal yang perlu dijadikan pertimbangan. Contohnya kebijakan dan regulasi TIK yang berlaku, kondisi lingkungan sosial dan fisik, karakteristik peserta didik, dan sebagainya.

Definisi TIK adalah: Beragam perangkat dan sumber daya teknologi yang digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi dan meningkatkan komunikasi. Alat dan sumber daya teknologi ini termasuk komputer, Internet (situs web, blog, dan email), teknologi penyiaran langsung (radio, televisi, dan webcasting), teknologi penyiaran yang direkam (podcasting, pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan) dan telepon (tetap atau seluler, satelit, visio / konferensi video, dll.) (UNESCO, uis.unesco.org).

Jadi, TIK tidak hanya berupa komputer dan internet ya...

Penggunaan TIK oleh guru meliputi:

  1. Penggunaan TIK secara profesional
  2. Peran TIK dalam integrasi sosial dengan peserta didik
  3. TIK sebagai penerapan teknologi pembelajaran
  4. Penggunaan TIK dalam manajemen dan pengembangan sekolah
  5. Penggunaan TIK yang efektif melalui analisis pribadi, organisasi, dan kelembagaan

Menurut Anderson (2010) ada empat tahapan dalam mengadopsi dan menggunakan TIK yang diawali dengan literasi teknologi, yaitu: 

gb 2 - adposi implementasi tik sekolah

TIK diterapkan untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran dalam berbagai teori pembelajaran: behavioristik, kognitivistik, dan konstruktivisme. Simak penjelasannya melalui tabel berikut: 

Perspektif teori pembelajaran

Pembelajaran dengan integrasi TIK

Jenis TIK pendukung

Behavioristik

TIK digunakan untuk menyesuaikan diri 

dengan lebih baik dengan karakteristik individu 

pelajar



Aplikasi drill-and-practice serta 

tutorial sederhana, agar peserta 

didik menguasai pengetahuan dan 

keterampilan (rutin) dengan 

kecepatannya sendiri

Kognitivistik


TIK membantu belajar tentang konsep dan 

keterampilan yang kompleks

 

Aplikasi tutorial kompleks untuk 

belajar penalaran dan terpadu

Konstruktivistik

Pembelajaran harus partisipatif aktif dan 

kolaboratif, maka penggunaan TIK 

selaras dengan kompetensi masyarakat pengetahuan

Aplikasi pengolah kata dan angka, 

situs web, multimedia, forum diskusi, 

blog

Seiring dengan berjalannya waktu, pendekatan pemanfaatan TIK juga mengalami perkembangan. Ruang lingkup pendekatan pemanfaatan TIK menjadi lebih personal yakni pada diri guru dan berkaitan dengan kompetensinya. Pendekatan guru dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran yang dibahas dalam modul ini adalah model TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge).  

tpack frame transp

TPACK juga merupakan pendekatan pembelajaran yang sangat relevan di masa pembelajaran daring saat ini. Hal ini, karena pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan (Knowledge/K), cara membelajarkan (Pedagogy/P), penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C) dengan TIK (Technology/T).

Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. Pada dasarnya, konsep pendekatan pembelajaran TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan.

Selanjutnya, silakan Sahabat lakukan diskusi dan refleksi pembelajaran dari KB-1 ini. Caranya sesuai dengan diskusi dan refleksi yang tercantum dalam modul.



Related

newsticker 1805689268773485613

Posting Komentar

1 komentar

Follow us !

Blogger news

Trending

Label

item