Modul 3.3 Ruang Kolaborasi
PENDIDIKAN KARAKTER (PROFIL PELAJAR PANCASILA)
Buat Pertanyaan:
Bagaimana cara menumbuhkan profil pelajar pancasila di sekolah
Ambil Pelajaran:
Dengan melihat pengalaman sekolah SD Insan Teladan Bogor yang sudah menerapkan pendidikan karakter profil pelajar pancasila, kita bisa melakukan hal yang sama, sedikit demi sedikit di sekolah kita.
Gali Mimpi:
Siswa memiliki akhlak mulai , kerjasama, menghargai satu sama lain, mampu mengendalikan emosi diri
Jabarkan Rencana:
Rencana berkoordinasi dengan pimpinan, kemudian membuat proposal, dilaksanakan oleh guru mapel masing-masing dan siswa (OSIS)
Program yang dilakukan adalah Doa pagi, Jumat berkah (bersih dan barokah), mengintegrasikan nilai karakter positif pada setiap mata pelajaran. Mengadakan even pada bulan bahasa yang bertema tentang refleksi diri contohnya story telling, membuat karangan, membuat poster atau membuat nyanyian sesuai dengan minat mereka.
Atur Ekskusi:
Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim
A. Kegiatan Doa Pagi dan jumat bersih
Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
Monitoring : Wakasek Kesiswaan
Pengarah : Guru
B. Refleksi Diri dilaksanakan pada bulan Bahasa
Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
Monitoring : Wakasek Kesiswaan
Pengarah : Guru
Koordinator acara : Guru dan Osis (Siswa)
Penanggung Jawab sie Acara: Guru dan Osis
Penanggung Jawab sie Perlengkapan: Guru dan Osis
Laporan dibuat oleh Koordinator acara (ketua panitia). Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu minggu sekali internal panitia. Hasil rapat internal dilaporkan kepada dewan guru sebagai pengarah acara. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru.



Posting Komentar