Pembatik Level 2 KB1 Pemanfaatan TIK Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK
REFLEKSI PEMBELAJARAN
Pada level pemanfaatan (implementasi), tidak hanya kemampuan internal guru sebagai pengguna TIK yang berpengaruh, melainkan ada pula faktor-faktor eksternal yang perlu dijadikan pertimbangan. Contohnya kebijakan dan regulasi TIK yang berlaku, kondisi lingkungan sosial dan fisik, karakteristik peserta didik, dan sebagainya.
Definisi TIK adalah: Beragam perangkat dan sumber daya teknologi yang digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi dan meningkatkan komunikasi. Alat dan sumber daya teknologi ini termasuk komputer, Internet (situs web, blog, dan email), teknologi penyiaran langsung (radio, televisi, dan webcasting), teknologi penyiaran yang direkam (podcasting, pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan) dan telepon (tetap atau seluler, satelit, visio / konferensi video, dll.) (UNESCO, uis.unesco.org).
Sekarang, saya akan mengendapkan semua yang telah dipelajari pada KB 1 dalam diri saya. Kemudian melakukan refleksi terhadap hasil belajar dengan menjawab pertanyaan berikut:
Ukur dan indentifikasi kondisi pemanfaatan TIK di kelas selama satu semester terakhir dengan pendekatan TPACK. Lakukan analisis dan tuangkan dalam bentuk laporan yang berstruktur (memuat kendala dan potensi penggunaan TIK).
Jawab:
Kondisi pemanfaatan TIK di kelas selama 1 semester dengan pendekatan TPACK.
Potensi penggunaan TIK dalam pembelajaran di SMA Plus PGRI Cibinong sangat didukung oleh faktor internal dan ekstrenal. Faktor internal adalah kompetensi guru dalam implementasi TIK di setiap mata pelajaran. Hal ini sangat didukung oleh pihak sekolah yang mewajibkan semua guru melek teknologi dengan menfasilitasi pelatihan secara rutin yang diselenggarakan oleh Tim pengembang kurikulum sekolah. Disamping itu ada faktor eksternal yang meliputi regulasi terkait TIK disekolah yang meniadakan pelajaran TIK secara tersendiri. Namun setiap mapel bisa menggunakan TIK untuk proses pembelajaran. Kondisi lingkungan sosial sangat mendukung, dimana mayoritas peserta didik mempunyai latar belakang sosial yang baik, dan dilengkapi dengan sarana-prasarana yang dimiki sekolah ataupun yang dimiliki siswa yang mendukung proses pembelajaran menggunkan TIK. Jika dilihat daari karakteristik siswa, semua siswa memiliki gadget, dan berasal dari keluarga yang memilii penghasilan menengah ke atas. Hal ini memungkinkan dan mendukung kegiatan pembelajaran dengan TIK.
Selama 1 semester pembelajaran dengan memanfaatkan TIK sudah berjalan dengan baik. Alat atau sumber teknologi yang digunakan berupa kelas maya (google Classroom), web Blog pribadi, Video Youtube yang dibuat sendiri maupun channel orang lain, situs web, email, radio sekolah, televisi, video converensi (google meet/zoom/webex) dengan memanfaatkan aplikasi pendukung online seperti mentimeter, jamboard, google sheet , quiz berbasis game seperti quizizz, wrodwall, kahoot,
Adapun yang menjadi kendala adalah, jaringan yang tidak stabil karena faktor cuaca, Gadget yang digunakan mengalami masalah karena panas yang disebabkan pemakaian yang terus-menerus, Mati lampu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, Disiplin siswa yang kurang terpantau mengingat orang tua harus tetap bekerja.




Posting Komentar