Demonstrasi Kontekstual Pendidikan yang memerdekakan
GURU SMAN 2 KOTA DEPOK JAWA BARAT
AUDIENS GURU
Pendidikan yang Memerdekakan
Pendidikan yang memerdekakan terinspirasi dari kalimat Ki Hadjar Dewantara "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu." Pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan peserta didik adalah pendidikan yang memperhatikan kebutuhan, minat, dan potensi peserta didik. Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan untuk hidup sebagai warga negara yang produktif dan bertanggung jawab.
Pendidikan Indonesia yang terus berkembang dari zaman penjajan kolonial Belanda hingga saat ini seiring dengan berkembangnya kebutuhan peserta didik. Hal ini tidak lepas juga pengaruh perkembangan teknologi, sehingga butuh adanya penyelarasan antara identitas manusia Indonesia itu sendiri dengan kodrat alam dan kodrat zaman peserta didik untuk menyusun rancangan pendidikan yang berkarakter guna mempertahankan identitas dan kekhasan manusia Indonesia.
Ki Hadjar Dewantara mempunyai keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan mejadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. KHD memandang pendidikan sebagai salah satu alat untuk memperkuat identitas bangsa dan membantu mencapai kemerdekaan. KHD juga mempercayai bahwa pendidikan harus membantu peserta didik dalam memahami dunia dan membantu mereka menemukan makna hidup. Ia percaya bahwa pendidikan harus mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan membantu menciptakan masyarakat yang adil dan berkeadilan.
Posting Komentar